Kamis, 24 Oktober 2013

TUGAS KELOMPOK KREATIVITAS


Nama Kelompok :   

-         Hagar Larencia    ( 12-066 )
-         Hillary Pakpahan ( 12-097 )
PSYLAMPTIVE

Latar Belakang 
      
        Saat ini tidak jarang lagi kalau di kota Medan terjadi pemadaman listrik. Dalam pembuatan produk ini ( Emergency lamp with Batt), kami terinspirasi dari teman kami. Dia adalah seorang anak kost dimana peraturan di kost mereka, tidak diperbolehkan menyalakan lilin apabila listrik padam, karena ibu kostnya takut kebakaran. Padahal, teman kami takut dengan kegelapan pada saat ingin tidur. Maka, untuk menghilangkan rasa takutnya dia hanya ditemani oleh lampu dari handphonenya. Padahal, lampu handphone itu tidak bisa hidup lama.
Kasus teman kami di atas sesuai dengan teori Problem Based Learning, dimana Problem Based Learning adalah metode pembelajaran yang menggunakan masalah untuk memicu pembelajaran, sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru (Tim PDPT UI, 2005; Widjayakusumah, 2005).
Dari kasus teman kami di atas, kami mencoba mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berupa hal – hal apa yang harus kami lakukan untuk menciptakan hasil kreativitas dalam membantu teman kami tersebut. Kami mencoba untuk melakukan proses kreativitas berdasarkan teori Wallas ( Munandar, hal 39 ) dimana prosesnya berupa persiapan, inkubasi, iluminasi, verifikasi.
Awalnya kami melakukan persiapan, kemudian kami melakukan tahapan inkubasi, kami mencoba mengalihkan masalah yang ada dengan melakukan aktivitas yang lain ( main fb, makan, dll ), dari peralihan itu kemudian kami mendapatkan sebuah “ Insight ” yaitu berupa konsep – konsep sehingga muncullah ide untuk membuat Emergency Lamp With Batt dengan nama Psylamptiv dan tahap akhir adalah Verifikasi yaitu kami menguji ide – ide yang kami dapatkan apakah ide kami itu dapat dibuat menjadi sebuah objek yang dapat dilihat dan dirasakan manfaatnya secara realita.
        Sesuai dengan teori yang disampaikan Selo Soemardjan dimana kemampuan kreativitas individu adalah suatu hal yang tidak bisa lepas dari pengaruh masyarakat yang mengelilinginya. Nah, disini kita bisa melihat ibu kost teman kami yang tidak memberikan izin menyalakan lilin ketika listrik padam adalah peran masyarakat yang secara tidak langsung ibu kost teman kami sudah memberikan insight kepada kami untuk membuat Emergency Lamp With Batt  ini.
        Dari penjelasan kami diatas, kami telah melakukan dua dari pendekatan 4P yaitu person dan press. 
        Person dalam hal ini adalah ketika kami dalam kelompok memang memiliki keinginan tersendiri untuk menolong teman kami dan kami yakin kami mampu untuk membuat Emergency Lamp With Batt tersebut. Yang menjadi pressnya adalah dosen pengampu yang memberikan tugas ini kepada kami. Yang menjadi prosesnya dapat dilihat sebagai berikut :
        Emergency Lamp With Batt ini kami buat dengan menggunakan energi baterai agar tidak perlu menggunakan listrik. Lampu ini terbuat dari kawat-kawat yang dibentuk sedemikian rupa sesuai dengan yang diharapkan. Kelompok kami membuatnya dalam bentuk tabung. Kemudian setelah kawat dibentuk tabung, kami melapisi atau menutupinya dengan fiber. Setelah itu, kepala sendok akan ditempel di sekeliling fiber dengan beberapa celah disekitarnya (tidak tertutup semua ). Lampu ini dihiasi dengan kepala sendok karena akan membuatnya menjadi unik dan berbeda dengan lampu lainnya. Kemudia bohlamnya akan diletakkan di dalam atau tepat di tengah kawat-kawat tersebut. Lampu ini pun dapat dibuat sendiri karena cara pengerjaannya yang relatif mudah. Alat dan bahannya pun mudah didapatkan. 
        Dalam mempresentasikan produk ini, kami menggunakan konsep talkshow dan gambaran pembuatan produk ini akan ditampilkan dalam sebuah slide video yang diiringi lagu yang dinyanyikan sendiri oleh kelompok kami. Lagu yang digunakan adalah “Aku Pasti Bisa” by Citra Scholastika.
Alat dan Bahan 
Kawat Tipis dan kawat tebal
Lem tembak
Tang
Bohlam ( bebas warna )
Lakban
Fiber
Baterai
Kabel
Rumah baterai
Piloks ( bebas warna )
Sendok Plastik
Dan yang menjadi Produknya adalah ....................................... ( to be continued ) :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar