Jumat, 19 April 2013

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI :)



         Seperti yang kita ketahui bahwa pendidikan anak usia dini menurut UU No 20 tahun 2003 adalah “SUATU UPAYA PEMBINAAN YANG DITUJUKAN KEPADA ANAK SEJAK LAHIR SAMPAI DENGAN USIA 6 TAHUN YANG DILAKUKAN MELALUI PEMBERIAN RANGSANGAN PENDIDIKAN UNTUK MEMBANTU PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN JASMANI DAN ROHANI AGAR ANAK MEMILIKI KESIAPAN DALAM MEMASUKI PENDIDIKAN LEBIH LANJUT”. Dimana pada masa ini anak-anak bertumbuh dan berkembang bisa dikatakan secara unik. Mereka memiliki sifat-sifat yang menurut mereka dapat mencerminkan diri mereka sendiri yang dapat kita artikan sebagai sifat-sifat mereka yang dapat mewakili diri anak-anak pada masa itu. Tapi dalam sisi lain orangtua juga harus mampu mengontrol pertumbuhan anak mereka masing apakah sudah sesuai dengan cara anak-anak tumbuh dengan semestinya, jangan keluar dari jalur dan harus tetap pada letaknya. Pada masa ini merupakan masa dimana anak-anak harus diperkenalkan dengan baik dengan lingkungan sekitar mereka, bagaimana harus berprilaku yang baik dan mencerminkan sikap kesopanan kepada semua orang disekitar lingkungan tempat tinggal.
          Seperti yang kita ketahui bahwa tujuan utama pada masa ini adalah
1. Untuk mengembangkan potensi dan kemampuan fisik anak, intelektual, emosi, moral bahkan agama atau spiritual dan optimal dalam lingkungan mereka.
Disini anak-anak harus dapat mengekspresikan diri mereka dan menunjukkan kemampuan anak-anak dalam lingkungan sekitar mereka, mereka diperkenalkan kepada agama, karna iu merupakan salah satu hal terpenting dalam pertumbuhan mereka menuju seorang anak yang dapat membanggakan.
2. Untuk dapat menggerakkan keterampilan tubuh mereka.
Dimana pada masa ini anak dapat diajarkan bagaimana cara memelihara kesehatan mereka melalui cara hidup yang sehat dan membersihkan tubuh yang baik.
3. Anak-anak disadarkan akan keberadaan spiritual dan lingkungan sekitar.
Mengajarkan bahwa keberadaan agama itu perlu dalam kehidupan kita sebagai warga negara Indonesia yang baik dan mengajarkan bahwa Tuhan itu benar-benar ada.

          Perumbuhan anak pada masa ini juga umumya masa dimana mereka berekspresi se aktif-aktifnya, mereka umumnya suka dengan apa yang mereka kerjakan sendiri. Dimana kita tau bahwa dalam masa ini DUNIA ANAK ADALAH DUNIA BERMAIN. Gerak motorik mereka juga bisa dikatakan aktif namun gerak jemari tangan mereka masih terbatas. Mereka terkadang belum bisa dalam mengikat tali sepatu mereka sendiri, belum bisa mengkancing baju mereka sendiri. Mereka harus membutuhkan pertolongan dari orang-orang disekitar mereka sendiri.
         Berbicara dengan kemampuan intelensi anak pada masa ini, kognitif anak pada masa pra sekolah ini umumnya saat dimana mereka terampil dalam berbahasa, yaitu dimana anak suka berbicara dengan orang-orang disekitar mereka, bagaiman mereka berbicara dengan orang disekitar mereka, tetapi disamping itu juga, anak juga harus dilatih bisa mendengarkan orang, bukan hanya didengar tapi juga harus menjadi pendengar. Untuk dapat menciptakan sosok anak seperti ini kita sebagai orang disekitar nya harus dapat berinteraksi dengan anak sesering mungkin, memberi dorongan kepada mereka, tapi kita juga harus bisa membatasi hal-hal yang tidak wajar yang mereka lakukan dan mereka ucapkan dalam perkataan mereka, dan yang paling penting itu harus bisa mengagumi apa yang dibuat dan dilakukan oleh anak dan harus dapat berkomunikasi dengan anak dengan tulus dan hangat.
         Menurut saya melalui penjelasan diatas itu merupakan sudah sesuai dengan tujuan dalam pembentukan karakter anak pada masa ini. karna menurut saya itu semua merupakan didapat dalam masa pendidikan anak usia dini ini  yaitu yang didapat dari keluarga dan disekitar mereka masing-masing, tetapi tak lepas juga dari pengawasan orangtua mereka. :) 

Membangun Karakter Sejak Pendidikan Anak Usia Dini


SEKIAN DAN TERIMAKASIH 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar