Minggu, 23 Juni 2013

EMOSI POSITIF DAN EMOSI NEGATIF ,,



enjoyed,,,

Tabel ini berisi bentukan daripada emosi negatif dan emosi positif.
EMOSI NEGATIF
EMOSI POISITIF
RASA TAKUT
KEINGINAN
KECEMBURUAN
KEYAKINAN
KEBENCIAN
SEKS
PEMBALASAN DENDAM
CINTA
KESERAKAHAN
AZAM
TAHYUL
ROMANS
KEMARAHAN
HARAPAN
Sebenarnya banyak emosi lagi yang wujud dalam diri kita, tetapi menurut Ahmad Radzi Adli, 7 emosi positif ini menjadi emosi kuat yang digunakan dalam usaha kreatif. Emosi ini perlu dikuasai dan semua emosi menerima arahan daripada diri kita sendiri.
            Adakalanya dan memang sebetulnya emosi positif ada untuk menutupi emosi negatif. Emosi positif dan emosi negatif tidak bisa muncul secara serentak. Dengan kebiasaan emosi positif yang menjadi dominan akhirnya emosi positif akan menguasai pemikiran kita sepenuhnya sehingga emosi negatif tidak dapat masuk. Tetapi, awas! dengan kemunculan salah satu emosi negatif dapat mengganggu dan merosakkan perubahan bantuan membina (positif).
Disini saya akan memberikan 1 contoh yang merupakan emosi negatif:
Seorang ayah mendapatkan promosi jabatan di salah satu perusahaan terkenal di salah satu kota. Dengan girangnya ayah tersebut mengajak semua keluarga untuk makan malam bersama disalah satu restoran terkenal, pada hari itu semua makanan boleh dipesan oleh seluruh keluarga, maka istri dan kedua anaknyapun memesan makanan diluar porsi yang biasa. Keluarga itu begitu bahagia. Ketika semua pesanan telah dibuat dan terletak diatas meja, tiba-tiba salah satu anak dengan riangnya menyenggol minuman dan tumpah kesemua meja hingga bajunyapun ikut basah. “ Apa-apan kamu sich! coba liat semua jadi basah!” hardik sang ayah. Anak tersebutpun menangis dan sang ayah semakin emosi. Semua keluarga ikut marah. Kita bisa bayangkan situasi pada saat itu. Akhirnya suasana kebahagiaan berubah menjadi suasana yang kacau dan tidak lagi menyenangkan.
Jika kita renungkan cerita diatas, sebenarnya hal tersebut tidak perlu terjadi apabila sang ayah lebih bijak sana, sabar dan tidak mengutamakan emosi negative, karena masalah minuman sianak bisa kita pesan kembali, meja yang berserakan karena minuman yang tumpah dapat kita minta pelayan membersihkannya, sehingga suasana kebahagiaan pada saat itu pastinya tidak akan berubah. Sang ayah bisa mengingatkan anaknya agar lebih berhati-hati untuk lain kali. Dan masalahpun selesai….
Emosi adalah dorongan yang paling penting dan kuat di dalam diri kita. Dengan dibekali kekuatan emosi, manusia dapat melakukan tindakan yang paling heroik. Terdapat empat emosi utama yang dapat memicu tindakan luar biasa dan mengubah kehidupan Anda:
  • Rasa muak
  • Keputusan
  • Keinginan
  • Tekad
Rasa Muak: Orang biasanya tidak mengaitkan “rasa muak” dengan sikap pemenang. Tetapi bila disalurkan dengan baik, rasa muak dapat berdampak positif bagi kehidupan seseorang. Seseorang yang telah benar-benar muak dengan kehidupannya sendiri telah mencapai suatu titik tanpa bisa berputar kembali.
Mereka siap untuk berkata, “Cukup sudah! Cukup! Saya tidak ingin hidup seperti ini lagi.” Waspadalah! Jika Anda dapat sepenuhnya muak kepada diri sendiri, maka ini akan merupakan hari di mana kehidupan Anda akan berubah!
Keputusan: Kebanyakan dari kita harus dipojokkan untuk membuat keputusan. Kita telah mencapai persimpangan jalan … dalam perjalanan hidup kita. Apa pun yang Anda lakukan, jangan pernah berhenti di persimpangan jalan. BERPIKIRLAH! Putuskan apa yang Anda inginkan daam hidup ini. BERTINDAKLAH! Ambillah tindakan untuk mencapainya. BERSIKAPLAH PERSISTEN! Kemudian teruslah berusaha hingga kehidupan Anda mulai berubah secara positif. Keputusan adalah jalan menuju potensi kekuatan murni di dalam diri Anda. Ingatlah bahwa masa lalu tidak sebanding  dengan masa depan Anda, dan saat pengambilan keputusan inilah, benih-benih yang membentuk nasib akhir Anda disebar.
Keinginan: Cara terbaik untuk membangun api keinginan yang merah membara di dalam jiwa Anda adalah dengan mengetahui secara tepat apa yang Anda inginkan dan secara aktif mengejar target tersebut. Keinginan adalah langkah utama menuju pencapaian mimpi dan tujuan hidup Anda. Ini adalah titik awal dari semua pencapaian manusia.
Tekad: “Saya akan!” Ini adalah dua kata yang sangat kuat. Jika bertekad untuk melakukannya atau mati, maka tak ada yang dapat menghentikan Anda. Pendaki gunung berkata, “Saya akan mendaki gunung itu. Mereka berkata, gunung itu terlalu tinggi, terlalu jauh, terlalu curam, atau terlalu sulit. Anda akan melihat saya melambai dari puncaknya atau Anda tidak akan melihat saya lagi. Kecuali saya dapat mencapai puncak itu, saya tidak akan kembali!” Ketabahan dan tekad berlapis besi yang seperti inilah, yang akan menuntun Anda untuk membebaskan kekuatan total Anda dalam mengejar kesuksesan yang maksimal.



 TERIMAKASIH :)

3 komentar: